Peta NASA Ungkap Gletser Puncak Jaya Lenyap Secara Drastis

0
329
Foto November 3, 1988
Foto November 3, 1988

Citra satelit yang dirilis oleh NASA memperlihatkan betapa cepatnya gletser di puncak pegunungan Jayawijaya musnah. Puncak pegunungan ini adalah satu-satunya wilayah Indonesia yang memiliki salju.

Gambar ini direkam dengan Thematic Mapper di Landsat 4 dan Landsat 5, menunjukkan gletser di Puncak Jaya di Papua dengan ketinggian 4.884 meter di tahun 1988. Dan pada tahun 2017 oleh Operational Land Imager (OLI) melalui satelit Landsat 8. Di tahun 1988 dalam gambar menunjukkan lima gletser di Puncak Jaya, namun di tahun 2017, dua gletser tersebut hilang total, sementara tiga sisanya menyusut secara drastis.

Baca juga:
Penerbangan Paling Pendek di Dunia, Salah Satunya di Papua

Menururt perkiraan NASA dengan angka penyusutan seperti saat iniseluruh gletser di Papua bisa lenyap dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

Foto: December 5, 2017
Foto: December 5, 2017

Para ahli belum menyebutkan apa yang menyebabkan penyusutan gletser tersebut, namun perubahan suhu, kelembaban, penyerapan dan tutupan awan bisa menjadi penyebab. Baik faktor iklim dan deforestasi di level lokal bisa menyebabkan perubahan-perubahan tersebut.

Menurut Andrew Klein, seorang profesor geografi di Universitas Texas A & M yang telah mempelajari wilayah tersebut, penurunan tersebut kemungkinan dimulai sejak sekitar tahun 1850-an.

Baca juga:
Habema, Danau Tertinggi di Indonesia

Lihat sumber asli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here