NSA Melakukan Komunikasi ‘Kode Rahasia’ melalui Twitter

0
61
Brooks Kraft LLC/Corbis via Getty Images
Brooks Kraft LLC/Corbis via Getty Images

pacebro.com – Tekno – Mungkin di beberapa film spionase jadul, para agen rahasia digambarkan mempunyai banyak cara untuk berkomunikasi dengan agen lain, seperti memasang iklan baris dan sejenisnya. Namun agen rahasia masa kini punya cara lain untuk berkirim pesan, yaitu Twitter.

Berdasarkan laporan teranyar, National Security Agency (NSA) milik Amerika Serikat menggunakan Twitter untuk mengirimkan pesan rahasia untuk kontaknya di Rusia, demikian dikutip dari Engadget, Senin (12/2/2018).

Kontak yang dimaksud adalah seserang yang mengaku mempunyai alat peretas milik NSA dan informasi-informasi rahasia terkait Presiden Donald Trump. NSA menginginkan data tersebut dikembalikan ke mereka, caranya adalah dengan membayar uang tebusan sebesar USD 1 juta.

Baca juga:
7 Fakta Unik Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama

NSA, menurut laporan ini, setidaknya sudah hampir 12 kali menggunakan metode tersebut untuk berkomunikasi dengan kontaknya di Rusia. Sebelum mengirimkan kicauannya lewat Twitter, NSA akan mengabari kontaknya terlebih dahulu agar mereka bersiap untuk mencari kicauan publik di jejaring mikroblogging itu.

Kicauan tersebut dikirimnkan melalui akun Twitter resmi milik NSA, seperti kicauan berbayar yang mempromosikan beberapa kebijakan intelijen di AS, atau sekadar fakta sejarah seperti peringatan 177 tahun pendaftaran paten telegraf.

Baca juga:
Whatsapp versi Baru bisa Video Call Group

Sayangnya, usaha NSA untuk menarik kembali data-data yang dicuri itu kemudian gagal, karena setelah mereka membayar uang muka sebesar USD 100 ribu, kontaknya ini hanya memberikan sedikit data yang bisa diverifikasi, dan NSA pun memilih untuk tak melanjutkan transaksi tersebut. (Jon Fingas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here