7 Hal Wajib Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Wisata

264
Persiapan wisata - Ilustrasi (pexels)
Persiapan wisata - Ilustrasi (pexels)

Melakukan perjalanan wisata adalah sesuatu yang menyenangkan bukan? Akan lebih bahagia jika semua kebutuhan kita selama perjalanan tidak kekurangan.

Nah, sudah tahun 2018… Sobat pacebro mungkin sudah tentukan resolusi tahun baru ini adalah sambangi destinasi wisata favorit kamu. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kita sudah pasti menyiapkan segala kebutuhan, akan tetapi sebagai manusia sering lupa atau kelewatan.

Nah, berikut ini 7 tips persiapan sebelum wisata versi pacebro.com:

1. Tujuan Wisata

Sebelum melakukan perjalanan wisata berdua atau sendiri sebaiknya tentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuan wisata tak hanya soal tempat, tetapi mulai dari apa dan dimana kamu akan berkunjung. Misalkan; kita mau ke Lombok, tetapi tidak tahu pasti dimana persis tempat yang kita tuju, Entah di Gili bagian mana? Seberapa jauh dari bandara? Atau tempat penginapan? Nah, semua itu termasuk dalam perencanaan tujuan wisata.

2. Waktu

Waktu untuk melakukan perjalanan wisata ini adalah bagian yang penting. Kapan kamu akan berkunjung? Sedang ramai di tujuan wisata? Karena jika kamu berkunjung pada saat ramai sudah pasti segala hal yang berkaitan dengan biaya pasti akan mahal. Coba, kita bandingkan tiket Jakarta – Denpasar lebih mahal saat akhir pekan atau tiket pesawat ke Jakarta – Paris akan sangat mahal ketika bulan Juni. Atau ke Papua pada saat Natal. ?
Mengapa demikian? Tentunya kamu bisa tahu alasan tiket jadi mahal, Ramai jawabannya.
Nah, selain itu waktu melakukan perjalanan wisata tentu akan lebih baik ketika liburan atau kamu bisa ajukan cuti kerja. ?

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

3. Penginapan

Tempat untuk menginap di Indonesia memang tidak susah ketika melakukan perjalanan wisata, tetapi akan lebih baik bagian ini sudah ditentukan dari jauh hari. Entah kamu mau tidur di hotel atau wisma murah, baiknya kita punya persiapan alternatif.

Persiapan tempat menginap bisa dimulai dengan memesan hotel atau homestay via online atau offline.

4. Cari referensi

Nah, satu hal penting persiapan sebelum wisata adalah melakukan riset kecil-kecilan mulai dari panduan wisata di blog-blog travel, atau referensi di majalah travel pilihan sobat. Nah, jangan lupa juga bertanya kepada kerabat atau teman yang sudah pernah kunjungi destinasi wisata tujuan kamu. Tentunya kamu juga harus mencari daftar referensi kuliner atau oleh-oleh/hadiah/barang atau sesuatu yang bisa dikenang ketika pulang.

5. Daftar Kebutuhan

Kamu tentu tidak ingin sedih dan melewatkan momen indah, ketika tongsis alias tongkat narsis lupa saat sampai tempat tujuan wisata. Nah, mulailah dengan menyicil daftar kebutuhan barang yang akan digunakan, misalkan; kamera, baterai cadangan, sepatu hingga pakaian.

6. Kelengkapan Identitas

Satu hal yang sering gagal melakukan perjalanan adalah tidak punya/lupa identitas hingga kamu dilarang melakukan perjalanan wisata. nah, tentunya kita tidak ingin terganggu dengan hal ini, mulailah siapkan paspor dan visa (jika dibutuhkan) jika ke luar negeri, tapi jika di Indonesia asal bukan KTP tembak. :-*

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

7. Mulai Menabung

Terakhir, jika kantong kamu cukup untuk hal ini tidak perlu dibaca. Hehehe. Nah, sebelum memulai semua persiapan cek ulang lagi berapa biaya yang akan dihabiskan, jika masih kurang mulailah dengan menabung. Karena biaya wisata kadang habis kebutuhan sehari-hari, jadi sobat bisa memulai dengan komitmen menabung demi resolusi tahun baru sambangi destinasi wisata favorit kamu. ?

Demikian 7 hal wajib yang sobat bisa siapkan sebelum melakukan perjalanan wisata, happy fun.


Loading...
loading...

KOMENTAR ANDA

PACEBRO percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini.