7 Fakta Musik Bagi Manusia

182
musik dapat membantu melatih otak
musik dapat membantu melatih otak (pexels)

Hampir semua orang di dunia ini pasti mengenal apa itu musik, kecuali bagi sahabat kita yang tak bisa mendengar suara atau tunarungu.

“Suara yang terbentuk dari suatu instrumen dengan membentuk irama yang indah dan enak untuk didengar, bisa dikatakan itu adalah musik. Tapi musik juga bisa dirasakan dalam bentuk refleksi”

Pernahkah sobat merasa tiba-tiba sebuah musik dalam bentuk lagu selalu muncul di kepala sobat, itu tandanya Anda terserang “earworm”. Ya, earworm adalah sebuah lagu yang terjebak di kepala dan membuat Anda ingin terus menyanyikannya.

Kebanyakan orang yang mengatakan musik sangat penting bagi kehidupan mereka sangat sulit menyingkirkan earworms ini.

1. Melatih Otak

Benarkah pelajaran piano yang dilakukan saat kecil bisa membantu masa depan Anda?

Ya, memainkan alat musik dapat membantu melatih otak. Efek itu bisa bertahan lama meski Anda sudah berhenti melakukannya.

Musik adalah sesuatu yang sangat berarti bagi sebagian orang, namun bagi seorang pengusaha musik bisa menjadi suatu alat yang membantu kesuksesan mereka. Menurut Dr. Victoria Williamson dari Goldsmith Collage, London, “Studi pencitraan otak menunjukan bahwa beberapa bagian dari otak bisa diaktifkan dengan sebuah musik”.

Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan bagian tertentu dari musik untuk memprogram otak Anda untuk berpikir dan merasa dengan cara tertentu.

Tidak lama sebelum kematiannya, Steve Jobs sang pendiri Apple sengaja mengungkapkan musik favoritnya selama mendemonstrasikan sebuah produk. Steve Jobs menggunakan meditasi untuk menjadi kreatif, jadi tidak salah jika Steve Jobs juga menggunakan musik untuk mengubah suasana hatinya.

2. Buta Nada

Orang yang buta nada biasanya memiliki masalah pendengaran?

Sekitar 1 dari 50 orang ternyata buta nada. Meski demikian, pendengaran mereka baik-baik saja, hanya saja mereka tidak dapat membedakan bentuk nada yang satu dan lainnya. Dan fakta lainnya adalah, hal ini ternyata bisa diwariskan, loh.

Menurut Professor Bill Thompson dari Macquarie University, Pada dasarnya orang yang menderita buta nada memiliki kondisi yang disebut congenital amusia, yang membuat sulit untuk menyanyi dengan nada yang benar.

Orang seperti ini tidak sadar ketika mereka bernyanyi tidak sesuai nada, yang bisa membawa mereka pada situasi yang memalukan.

3. Menambah Semangat

Benarkah musik berirama cepat membuat Anda bekerja lebih keras?

Ya, iramanya yang cepat membuat adrenalin Anda naik dan mengubah mood menjadi lebih optimis. Coba deh pasang music berirama cepat saat Anda sedang galau, malas, atau ingin berolahraga. Dijamin, perasaan Anda akan jauh lebih baik.

4. Jantung Sehat

Apakah musik baik bagi jantung?

Saat sedang mendengarkan lagu favorit, pasti kaki atau tangan Anda ikut bergoyang. Tak hanya itu, lagu favorit juga membuat mood Anda “naik”. Nah, saat itulah jantung juga bekerja dengan lebih baik lagi. Para peneliti di University of Maryland menemukan bahwa ketika orang mendengarkan musik yang meningkatkan mood mereka, mereka memiliki aliran darah yang lebih baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Memainkan alat musik baik untuk otak dan jantung
Memainkan alat musik baik untuk otak dan jantung (Image source: Pexels)

5. Pulih dari Store

Benarkah musik dapat membantu pemulihan stroke?

Paska stroke, pasien disarankan mendengarkan musik favorit untuk dapat mengingat hal-hal yang terlupakan (akibat stroke), agar lebih fokus, serta mengurangi rasa tertekan dan bingung. Musik, katanya, dapat membantu memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak di otak.

6. Perlancar Bicara

Apakah Gangguan bicara yang disebabkan Parkinson bisa disembukan dengan terapi musik juga?

Sebagian penderita Parkinson mengalami gangguan bicara (cadel atau bicara tak jelas). Hal itu dikarenakan masalah yang terjadi di pernapasan atau kesulitan menggerakan mulut atau lidah. Melalui terapi musik, Si Penderita dapat belajar bagaimana untuk “bernyanyi” dengan mengucapkan kata-kata dan suku kata tunggal, di mana hal itu juga dapat mendukungan pernapasan mereka menjadi lebih baik.

7. Untuk Daya Nalar.

Anak-anak yang memainkan alat musik atau bernyanyi lebih mungkin masuk perguruan tinggi.

Anda mungkin bosan karena setiap hari harus mendengar anak menyanyikan lagu atau memainkan mainan yang sama. Tapi Bu, ternyata itu layak dilakukan anak untuk masa depannya.

Musik membangun keterampilan penalaran dan membantu anak belajar dan mengingat. Anak-anak yang secara teratur memainkan alat musik atau bernyanyi, ternyata lebih mungkin masuk perguruan tinggi dan sukses. Mereka juga terbukti baik dalam pelajaran matematika, sains, dan membaca.

____

Sumber Referensi:

  • http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/apakah-anda-benar-buta-nada/8316810
  • https://www.huffingtonpost.com/2015/02/02/music-and-health-rock-on_n_6573132.html
  • http://health.liputan6.com/read/2197507/5-jenis-musik-yang-memicu-semangat-kerja
  • http://www.collective-evolution.com/2014/03/13/seven-reasons-why-music-benefits-your-health/

Loading...
loading...

KOMENTAR ANDA

PACEBRO percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini.