7 Tempat Wisata Populer Di Jerusalem

415
Old City Jerusalem
Old City Jerusalem

Sejak ribuan tahun lalu Jerusalem sudah menjadi kota tua yang paling diperebutkan oleh bangsa-bangsa di dunia.

Perebutan Jerusalem tak hanya bangsa-bangsa di Timur Tengah tapi juga hingga Eropa. Selama masa pendudukan ‘penguasa‘ di Jerusalem, telah meninggalkan jejak sejarah yang hingga kini masih ada. Jejak pendudukan itu berupa bangunan hingga situs bersejarah berupa masjid hingga tempat penyaliban Yesus, bukit Golgota.

Jerusalem adalah kota suci bagi tiga agama yakni, Yahudi, Kristen dan Islam.

Jika kamu berkesempatan wisata ke Jerusalem, jangan lewatkan tempat-tempat bersejarah ini. berikut ini 7 tempat wisata di Jerusalem yang bisa anda kunjungi:

1. Via Dorolosa

Tempat pemberhentian Yesus ke 10 yang bagian dari Via Dolorosa

Tempat ini ‘wajib’ dikunjungi jika berkunjung ke Yerusalem. Via Dolorosa dalam bahasa Latin adalah “Jalan Kesengsaraan” atau “Jalan Penderitaan“; bahasa Inggris: “Way of Grief,” “Way of Sorrow,” “Way of Suffering” atau “Painful Way”; bahasa Ibrani: ויה דולורוזה; bahasa Arab: طريق الآلام) adalah sebuah jalan di Kota Yerusalem Kuno. Jalan ini diyakini adalah jalan yang dilalui Yesus sambil memanggul;salib menuju Kalvari.

Kamu akan menyaksikan jalur yang berkelok-kelok dari benteng Antonia ke arah barat menuju Gereja Makam Kudus— berjarak sekitar 600 meter (2000 kaki)— menjadi tujuan utama para peziarah hingga wisatawan. Konon kabarnya, jalur yang sekarang ini ditetapkan sejak abad ke-18, menggantikan berbagai versi sebelumnya.  Sekarang jalan ini ditandai dengan 9 titik salib dengan lima titik salib terakhir berada di dalam Gereja Makam Kudus, sehingga seluruhnya adalah 14 titik salib sejak abad ke-15.

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

2. Bukit Golgota

Bukit Golgota

Banyak wisatawan hingga peziarah yang berkunjung ke bukit Golgota, jika berkunjung kamu salah satunya. Dalam Alkitab tempat ini adalah tempat penyaliban Yesus.

Ejaaan nama Bukit Golgota dalam bahasa Yunani adalah ολγοθα ‘Golgotha’; juga dapat dieja “Golgatha” yang berasal kata Aram; kata Aram “Gûlgaltâ” (bacagulgalta), yang berarti ‘tengkorak’ (Matius 27:33; Markus 15:22; Lukas 23:33). Dalam bahasa Inggris sering dipakai nama “Calvary”.

3. Bukit Zaitun

Bukit Zaitun

Bukit Zaitun adalah salah satu bukit di pengunungan di timur Yerusalem dengan 3 puncak yang membentang dari utara ke selatan. Puncak tertinggi, at-Tur, 818 meter. Konon kabarnya, Dinamai bukit Zaitun karena perkebunan Zaitun yang pernah ada di lerengnya.

Bukit ini mempunyai hubungan sejarah dengan agama Yahudi, Kristen dan juga Islam.

Di tempat ini terdapat kuburan Yahudi yang sudah ada sejak 3000 tahun lalu dan memuat sekitar 150,000 makam.

4. Kota Lama Yerusalem

Kota Lama Yerusalem

Tempat ini layak untuk dikunjungi jika kamu hendak wisata ke Yerusalem. Letak ‘Kota Lama Yerusalem’ atau ‘Kota tua Yerusalem’ ini dikelilingi oleh tembok yang berada dalam kawasan Yerusalem Timur. Tempat ini menyimpan banyak situs sejarah yang pantas kamu kunjungi.

Distrik kota tua Yerusalem sendiri terbagi dalam empat wilayah yaitu; Bagian Muslim, Bagian Yahudi, Bagian Kristen dan Bagian Armenia.

Kota Lama Yerusalem berada di tengah-tengah kota Yerusalem di dataran tinggi Pegunungan Yudea, berdekatan dengan Bukit Zaitun (timur) dan Gunung Scopus (timur laut).

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

Di Kota Lama Yerusalem kamu akan menyaksikan Lembah-lembah yang indah seperti Kidron, Hinnom, dan Tyropoeon yang menyilang di sebelah selatan Kota Lama Yerusalem.

5. Tembok Ratapan

Tembok Ratapan

Dalam catatan sejarah, Tembok Ratapan merupakan tempat yang penting dan dianggap suci oleh orang Yahudi. Ini adalah sisa dinding Bait Suci di Yerusalem yang dibangun oleh Raja Herodes. Bait Suci itu hancur ketika orang-orang Yahudi memberontak kepada kerajaan Romawi pada tahun 70 Masehi.

Konon, panjang tembok ini aslinya sekitar 485 meter, dan sekarang yang tersisanya hanyalah 60 meter.

Di Tempat ini orang Yahudi percaya bahwa tembok ini tidak ikut hancur sebab di situlah berdiam “Shekhinah” (kehadiran ilahi). Jadi, berdoa di situ sama artinya dengan berdoa kepada Tuhan.

Dahulu Tembok ini dikenal hanya sebagai Tembok Barat, tetapi kini disebut “Tembok Ratapan” karena di situ orang Yahudi berdoa dan meratapi dosa-dosa mereka dengan penuh penyesalan. Selain mengucapkan doa-doa mereka, orang Yahudi juga meletakkan doa mereka yang ditulis pada sepotong kertas yang disisipkan pada celah-celah dinding itu.

Kamu akan melihat dinding ini telah dibagi dua dengan sebuah pagar pemisah (mechitza) untuk memisahkan laki-laki dan perempuan.

6. Gereja Makam Kudus

Pintu masuk utama ke Gereja Makam Kudus via Wikipedia

Sejak abad ke-4, Gereja Makan Kudus ini menjadi tujuan peziarahan Kristen, karena tempat ini adalah wafat dan kebangkitan Yesus. Sangat sayang jika kamu lewatkan tempat ini ketika berkunjung ke Yerusalem.

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

Gereja Makam Kudus dalam bahasa Latin adalah Sanctum Sepulchrum, sedangkam dalam bahasa Inggris: Church of the Holy Sepulchre. Jika kamu melewati Kota Lama Yerusalem, tentu akan mudah menemukan Gereja ini.

7. Masjid Al-Agsa

Masjid Al Aqsa

Mengapa  Yerusalem menjadi kota unik? Mungkin ini salah satunya, bahwa ada salah bagian tempat suci dari 3 agama, Masjid Al-Aqsa.

Masjid Al-Jami’ al-Aqsha adalah bangunan berkubah abu-abu yang berada di kompleks Masjid Al-Aqsha, yaitu di bagian selatan. Kata Al-Jami’(اَلْجَامِعُ) makna ‘masjid’, yang berasal dari kata Al-Jumu’ah yang berarti ‘mengumpulkan’ (untuk salat jama’ah).

Dalam catatan sejarah, masjid ini dihancurkan dan dibangun beberapa kali. Kamu akan menemukan catatan sejarahnya dalam kawasan masjid ini.

Baca Juga: 11 Fakta Sejarah Perebutan Jerusalem

Nah, demikian saran 7 tempat wisata di Jerusalem menurut pacebro.com, jika sempat jangan lewatkan!

 Share the love.

____________
Editor: Joseph R


Loading...
loading...

KOMENTAR ANDA

PACEBRO percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini.