SHARE

Natal segera tiba, hari yang dinantikan umat kristiani di seluruh dunia. Sudah tentu menyambut natal di Papua pasti dengan hiasan pohon natal dan pondok dengan lampu warna warni disertai lagu-lagu natal yang khas.

Bagi mereka yang merantau pasti akan selalu ingat Papua dengan suasana natal yang khas disertai hangatnya keakraban dalam keluarga. Gemerlap suasana natal sudah mulai terasa tidak hanya di pusat-pusat perbelanjaan hingga kantor-kantor pemerintah tak ketinggalan kompleks perumahan penduduk.

Dari penelusuran penelusuran pacebro beberapa lagu daerah berikut ini selalu paling hits dalam ketika Natal tiba. Lagu-lagu Natal yang populer ini tak hanya dari Papua tapi ada juga yang berbahasa Melayu-Indonesia.

Berikut 10 Lagu Daerah Papua dengan tema Natal yang paling hits di Papua sepanjang masa:

1. Pembawa Damai – Black Brothes

black brothers 1974
black brothers 1974

Group Band Legendis musik asal Papua ini pernah melahirkan lagu-lagu yang abadi dengan gaya ‘partente’-nya. Lagu dan musik mereka tak dimakan usia, hingga kini masih populer.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Group Legendaris Black Brothers

Salah satu karya Black Brothers dengan Tema Natal ini hingga kini masih populer adalah “Pembawa Damai”. Lagu ini di rekam rumah produksi IRAMA TATA di Jakarta dengan album Merry Chistmass. Beberapa lagu juga masuk dalam album ini.

2. Jalan Keselamatan – Black Papas

Cover Black Papas
Cover Black Papas

Lagu ini menduduki posisi kedua dari daftar lagu Natal Populer dari Papua. Black Papas merupakan groud band asal Tanah Papua yang mulai mengikuti jejak pasca Black Brothers ‘Mengungsi’ ke luar Negeri. Lagu ini pun direkam di rumah produksi yang sama dengan BB, IRAMA TATA pada tahun 1986. Dalam album yang berisi Jalan Keselematan, Black Papas meluncurkan 13 Lagu Natal.

3. Kenangan Natal di Masa Kecil – Black Sweet


Tangga lagu populer berikutnya tidak jauh-jauh dari generasi band ‘Black’ 80-90 an. Konon kabarnya lagu ‘Kenangan Natal di Masa Kecil’ ini direkam di Jakarta juga namun tak diketahui direkam di rumah produksi mana. Hingga kini lagu natal dari Black Sweet ini masih populer dan sering diputar di pondok Natal depan rumah.

4. Kenangan Natal Di Dusun Kecil РCharles Hutagalung

Lagu ini paling populer hingga telah dinyayikan ulang oleh beberapa artis.¬† Hingga saking hits’nya lagu ini menjadi ‘Wajib’ di Pondok Natal. Lagu ini juga pelepas rindu untuk bagi yang merantaui di luar Papua.

5. Selamat Natal Papa Mama – Victor Hutabarat

Lagu ini juga termasuk populer di Papua saat Natal. Penyanyi kondang berdarah Batak ini memang legenda dalam musik rohani. Dari sekian banyak lagu yang telah diluncurkan, lagu “Selamat Natal Papa Mama” begitu syahdu untuk kerinduan akan orang tua.

6. Penebus Dosa – The Mercys

Group Band yang populer pada tahun 1970-an ini juga telah menciptakan sebuah lagu ‘abadi’ hingga kini. Lagu-lagu mereka populer hingga Jepang dan China, mereka juga pernah memenangkan enam Golden Record.

7. Go tell it on the mountain ( Glenn Fredly feat. Edo Kondologit )

Lagu ini termasuk cukup populer sekalipun usianya masih muda. Kolaborasi Glen Fredly dan Edokondologit dengan irama Reggae Ska cukup menyejukkan suasana Natal.

Nah, itu beberapa lagu Natal paling hits versi pacebro, jika ada yang terlewat dari list tangga populer ini anda bisa berikan komentar. Selamat menyambut Natal.