SHARE
7 Fakta Unik Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama
7 Fakta Unik Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama

Pada 12 November lalu, Asgardia meluncurkan satelitnya untuk pertama dari bumi. Peluncuran tersebut dilakukan dari fasilitas penerbangan luar angkasa milik NASA di Virginia, Amerika Serikat.

Asgardia mengumumkan satelit tersebut membawa data calon penduduknya yang berkisar 18.000, dalam data tersebut diketahui ada identitas pribadi hingga foto keluarga yang telah dikumpulkan saat pendaftaran. Tak hanya itu, satelit itu juga memuat konstitusi negara Asgardia.

Sejak pertama kali dibuka pendaftaran menjadi warga negara Asgardia, diketahui warga negara dari belahan bumi yang ikut mendaftar. Bahkan beredar kabar beberapa warga negara Indonesia juga sudah mendaftar jadi warga Asgardia.

Negara pertama Luar Angkasa ini memang cukup menarik. Dari penelusuran dan berbagai sumber , pacebro kumpulan 7 fakta unik Negara Asrgadia;

1. Nama Asgardia

Kota Asgard dalam mitologi Norwegia via Wikipedia

Nama Asgardia ini ternyata diambil dari mitologi yang berasal Norwegia, Asgard yang berarti kota di atas langit. Pendirian Negara Asgardia pertama kali diumumkan pada Oktober 2016 silam.

2. Patuh Konstitusi 

Ilustrasi

Hingga saat ini siapapun boleh jadi warga negara antariksa pertama ini. Dari laporan CNN tidak sampai dua hari sejak diumumkan, sebanyak 114 ribu orang dari 204 negara telah mendaftar untuk mendapatkan kewarganegaraan Asgardia. Bahkan dalam tiga minggu, jumlah pengisi aplikasi mencapai 500 ribu. Namun, jumlah ini turun menjadi 211 ribu pada Juni saat pemungutan suara untuk konstitusi. Hanya mereka yang setuju untuk mematuhi konstitusi yang dianggap sebagai warga Asgardia.

3. Terbuka dan Demokratis

Kota di Asgardia via asgardia.space

Siapa pun yang berusia di atas 18 tahun dan memiliki alamat email dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan, termasuk mantan narapidana sekalipun — selama yang bersangkutan sudah bebas dari segala tuntutan hukum.

4. Sumber Pendanaan

Igor Ashurbeyli saat konferensi Pers di Hongkong

Pendiri dan sekaligus investor utama Asgardia adalah Igor Ashurbeyli, seorang ilmuwan roket berusia 53 tahun. Ia adalah warga Rusia kelahiran Azerbaijan yang disebut-sebut sebagai seorang miliarder meski namanya tak pernah muncul dalam daftar orang terkaya majalah Forbes.

5. Akan Jadi Anggota PBB

Logo PBB

Negara Asgardia berambisi untuk mendapatkan keanggotaan PBB. Namun, Dewan Keamanan harus terlebih dahulu menyetujui permintaannya untuk diakui sebagai sebuah negara. Setelah itu, dua pertiga anggota Majelis Umum harus melakukan pemungutan suara untuk menentukan apakah menerima permohonan Asgardia atau tidak.

6. Pusat Pemerintahan di Bumi

Badan-badan negara ini akan dikelola oleh orang-orang Asgardia di lokasi yang mereka wakili, sedangkan pusat pemerintahan akan berada di Wina, Jerman. Asgardia berencana membentuk pemerintahan yang demokratis, mendirikan kantor kejaksaan, kantor audit nasional, dan badan-badan pemerintah lainnya.

7. Tidak Memiliki Tentara

Asgardia tidak akan memiliki tentara. Warga negara Asgardia dapat memanfaatkan “kewarganegaraan ganda” mereka. Jika mereka memiliki masalah di Bumi, mereka dapat mencari perlindungan di Kedutaan Besar Asgardia.

Demikian fakta unik tentang negara luar angkasa pertama, Asgardia. Apakah kamu tertarik jadi warga negara ini?