15 Tempat Wisata Paling Populer di Papua

635
view Raja Ampat, Papua Barat (Image:IST/pacebro)
view Raja Ampat, Papua Barat (Image:IST/pacebro)

Holla, Tahun baru 2018 telah tiba. Selama tahun 2017 ini, Papua menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia maupun dunia.

Papua memang layak jadi destinasi wisata paling populer juga mahal karena menyimpan misteri alam yang unik, dari hamparan pantai luas, gugusan pulau indah nan menawan, puncak bersalju yang eksotis hingga hutan rimbah tak tersentuh dan lembah-lembah di pegunungan yang teduh.

Untuk menyambangi tempat wisata di Papua, anda butuh rencana dari rute hingga kocek. Berikut 15 tempat wisata Populer di Papua versi pacebro.com:

Danau Kembar di Pegunungan Arfak

Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gita | sumber: HelicamIndo

Jika anda berkunjung ke Manokwari, tak salah jika mampir sekedar melepas lelah ke Pegunungan Arfak. Ditempat ini anda akan disuguhi keunikan Cagar alam pegunungan Arfak yang masih menyimpan banyak misteri yang sampai kini belum terungkap, mulai dari kehidupan flora-fauna, termasuk ribuan jenis tumbuhan anggrek, legenda ikan Houn (sejenis belut) di dua danau yang diapit oleh sebuah “perbukitan firdaus” bernama bukit Kobrey.
Dua danau itu adalah Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gita yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Kehidupan seputar goa-goa, termasuk goa yang kedalamannya mencapai 2000 meter juga masih menyimpan selaksa misteri.

Selengkapnya baca Misteri Danau “Sepasang Kekasih” Di Pegunungan Arfak

Danau Ayamaru Yang Bening

Danau Ayamaru | Sumber: Dok.PB

Danau yang terletak di tanah Papua ini menjadi danau dengan air sebening kristal di pulau yang terkenal akan keelokan baharinya tersebut.
Danau Ayamaru memang cukup tersembunyi berada di wilayah Kepaa Burung Papua. Jaraknya dari Kota Sorong kira-kira sekitar 170 kilometer. Durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan.

Selengkapnya baca di Beningnya Danau Ayamaru Yang Memanjakan Mata

Danau Love Yang Populer

Danau Love (Dok.PB)

Danau berbentuk hati yang indah akan tampak jelas dilihat dari bukit yang ada disekelilingnya. Dari atas bukit ini juga merupakan spot terbaik untuk mengambil foto dengan latar belakang danaunya. Bukit hijau yang mengelilingi Danau Love (Cinta) atau Telaga Cinta semakin menambah keindahan dan kesan romantis Danau. Oleh karena itu, bukit dan tepi Danau akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat pengambilan foto pre wedding meskipun lokasinya yang terpencil.
Sering dikunjungi pengunjung hampir setiap hari, terutama di akhir pekan, Danau Love atau Telaga Cinta ini bisa diakses dengan transportasi darat dan air. Rute darat dengan sepeda motor atau mobil bisa dimulai dari kota Jayapura melalui Kecamatan Genyem di Kabupaten Jayapura atau dari Kecamatan Arso di Kabupaten Keerom.

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

Selengkapnya Baca: Jika Berkunjung ke Jayapura, Sempatkan Diri Ke Danau Love

Danau Habema

Danau Habema dengan ketinggian 3.225 Mdpl (Dok.PB)

Area Habema mempunyai luas kurang lebih sekitar 224,35 hektar dengan keliling 9.79 kilometer  Nama Habema diambil dari seorang perwira Belanda yang bernama Letnan D Habema, yang mengawal ekspedisi HA Lorentz untuk mencapai puncak  Ettiakup (sebutan masyarakat lokal untuk Gunung Trikora) pada tahun 1909.

Pada masa pemerintahan Belanda, Gunung Trikora dikenal dengan nama Wilhelminatop. Baru pada 1963 namanya berubah menjadi Trikora (Tri Komando Rakyat) setelah perintah Presiden pertama Indonesia, Soekarno, untuk merebut Papua Barat.

Selengkapnya Baca: Habema, Danau Tertinggi di Indonesia

Danau Paniai, Danau Tigi dan Danau Tage

Salah dari 3 danau, Danau Tage (Dok.PB)

Danau Paniai, Tigi dan Tage berada di dataran tinggi yang dihuni oleh suku Mee, dengan ketinggian kurang lebih 1.700 mdpl.
Danau Paniai, Tigi dan Tage diapit oleh perbukitan yang hijau nan indah, airnya jernih berwarna kebiru-biruan memanjakan mata para pengunjung. Udara di sana sangat sejuk dan bebas dari polusi seperti di kota-kota. Bahkan pada malam hari, suhu udaranya bisa mencapai 5 derajat celcius.

Selengkapnya Baca: Eksotisnya Tiga Danau di Wilayah Mee-Pago; Paniai, Tigi dan Tage

Danau Sentani

Sentani Lake, Jayapura. (dok.PB)

Bentang ukuran danau yang cukup luas menjadikan Danau Sentani sebagai danau terbesar di Papua. Total Luas danau Sentani lebih dari 9 ribu hektar. Karena berada di ketinggian, hawa di Danau Sentani cukup sejuk.
Banyak pulau-pulau kecil yang tersebar di danau ini. Ada sekitar 22 pulau dan sebagian besar dihuni Suku Sentani. Ada sekitar 24 kampung yang menempati Danau Sentani. Masing-masing kampung tampak unik dan memiliki tradisi masing-masing.

Selengkapnya baca: Indahnya Danau Sentani, Danau Terbesar di Papua

Teluk Triton

Teluk Triton (dok.PB)

Teluk Triton terkenal dengan jenis karang lunaknya atau yang disebut soft coral sehingga penggemar diving dan snorkeling wajib menjajalnya.

Titik menyelamnya antara lain di sekitar Temintoi dan Selat Iris. Banyaknya jenis ikan di sini juga sangat cocok sebagai arena memancing. Sempatkanlah menjelajah Pulau Umbrom yang terkenal dengan pasir putihnya, maupun Pulau Kelelawar yang menjadi tempat tinggal ribuan hewan nokturnal tersebut.

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

Selengkapnya baca: Teluk Triton Serpihan Surga Di Kaimana

Pulau Mansinam

Patung Yesus Mansinam 1
Patung Yesus Mansinam

Ada satu lagi obyek yang sangat menarik untuk disaksikan di Pulau Mansinam. Bila sedikit menelusuri jalan beton yang mengular ke arah bukit, maka sebuah Patung Yesus Kristus dalam ukuran raksasa akan terlihat. Patung ini adalah sebuah gagasan positif dari pemerintah Indonesia yang menjadi bentuk penghargaan terhadap sejarah peradaban Papua di Mansinam. Patung ini sekilas mirip patung Yesus yang berada di Rio de Janeiro, Brazil, tetapi dalam ukuran yang sedikit lebih kecil.

Selengkapnya baca: Sekilas Sejarah Peradaban Papua di Pulau Mansinam

Taman Nasional Wasur

Burung migran di Taman Nasional Wasur. Foto Birdconsultant Iwanlondo 1
Burung migran di Taman Nasional Wasur. Foto:Birdconsultant/Iwanlondo

Suku Marind dan kanuum merupakan pemilih hak ulayat taman nasional Wasur di kota Merauke. Mereka diperbolehkan untuk berburu di taman nasional Wasur dengan syarat dilakukan dengan menggunakan senjata tradisional seperti panah dan ketapel. hewan buruan mereka antara lain rusa, wallabi (kanguru kecil), kasuari, buaya, babi hutan, tikus tanah, kangguru dan kuskus.

Hasil buruan selain dikonsumsi sendiri biasanya sebagian di jual untuk memenuhi kebutuhan hidup lainya, seperti untuk biaya pendidikan dan uang saku sekolah. Dalam memilih hewan buruan suku Kanuum dan Marind memiliki aturan adat yang arif, mereka hanya di memilih hewan buruan menurut jenis kelamin dan usia, hanya hewan jantan dan sudah dewasa yang boleh diburu, sementara yang betina dan anakan harus dilepaskan.

Selengkapnya baca:di sini.

Air Terjun Wafsarak

Wafsarak 4 1
Wafsarak

Apabilasuatu saat anda berkunjung ke Pulau Biak, sayang jika tak sempatkan waktu untuk jelajahi air terjun yang cukup tersohor di Biak, yaitu air terjun Wafsarak.

Dilihat dari peta, jarak yang bisa tempuh sekitar lebih dari 75 kilometer dari pusat kota. Meski sangat jauh, cuma dibutuhkan waktu satu setengah jam, untuk sampai kesana.

Selengkapnya baca: Wisata ke Air Terjun Wafsarak ‘Membelah’ Keindahan Biak

Prancis Ala Papua di Serui

Teluk Sarawandori Serui Kepulauan Yapen Papua
Teluk Sarawandori Serui Kepulauan Yapen Papua

Serui adalah sebuah Kota di Papua. Sekaligus ibu kota Kabupaten Kepulauan Yapen. Serui mempunyai keunikan tersendiri dari kota lainnya di Papua. Jika kamu berwisata ke Serui terasa sangat seru.

Jumlah hotel di kota ini bisa dihitung dengan jari. Tak ada industri besar seperti di Timika, dan tak juga terlihat aktivitas perdagangan yang masif seperti Jayapura. Kota ini bergerak seperti detak jantung, ritmis dan konstan terasa lamban.

Baca juga:  Ini 11 Tempat Wisata Populer di Kota Timika

Serui disebut juga sebagai kota kembang. Why?

Selengkapnya Baca: Ini Spot Wisata Di Serui, ‘Prancis’ Ala Papua

Sarmi Yang Tak Jauh Dari Jayapura

Pulau Liki Kabupaten Sarmi 2 1
Pulau Liki Kabupaten Sarmi

Di sarmi, Pulau Sawar atau Pulau Vondomour berjarak tidak lebih 10 km dari pelabuhan Sarmi. Dengan menggunakan speedboat, bisa ditempuh dalam waktu 15 menit. Pulau Sawar memiliki pantai pasir putih yang indah dan alami di sisi barat. Selain bisa untuk outdoor activity, di sisi utara ada beberapa spot untuk memancing yang langsung mengarah ke Samudra Pasifik.

Selengkapnya Baca: Ingin Berwisata Ke Sarmi? Inilah Tempatnya

Asmat Tak Hanya Ukiran

Kapal Pesiar Prancis MV L Austral sandar di Agats Asmat Papua
Kapal Pesiar Prancis MV L Austral sandar di Agats Asmat Papua

Seni ukiran Asmat sudah terkenal luas hingga ke mancanegara, tetapi tahukah anda Asmat juga menyimpan destinasi witasa unik, indah dan alami. jika anda mengunjungi Asmat jangan lewatkan beberapa tempat yang layak disambangi, dan akan memanjakan mata anda melupakan kebisingan dunia.

Selengkapnya baca: Jika Berkunjung, Ini Destinasi Wisata Di Asmat

Sorong Pintu Masuk Raja Ampat

pulau um sorong papua barat
pulau um sorong papua barat

Jika kamu berkunjung ke kota ini, kamu dapat melihat habitat berbagai jenis penyu langka di Kampung Yamursba Medi, Wau Distrik Abun dan Sausafor. Kamu juga dapat menyaksikan ribuan ekor kelelawar dan burung elang laut yang hidup bebas di Pulau Um. Bagi kamu yang suka dengan keindahan pemandangan alam, bisa mengunjungi Pantai Katatop yang memiliki gugusan pulau yang sangat indah dan menawan untuk disaksikan.

Selengkapnya baca: Ini Destinasi Wisata Di Kota Sorong

FakFak Kota Pala

Padang Savana Bomberay
Padang Savana Bomberay

Fak Fak sendiri dikenal dengan sebutan Kota Pala karena wilayah ini terkenal sebagai penghasil buah pala. Masyarakat Kabupaten Fak-Fak memiliki semboyan Satu Tungku Tiga Batu yang mencerminkan bahwa masyarakat kabupaten ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

Ada banyak tempat menarik yang ditawarkan tempat ini. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang pastinya akan meninggalkan kesan pada pengalaman Anda.

Selengkapnya baca: Ini Destinasi Wisata dan Pesona Fak-Fak ‘Kota Pala’ Yang Harus Anda Kunjungi

Nah, itu 15 tempat wisata populer di Papua 2018 versi pacebro.com. jika kamu merasa ada yang terlewat, kamu bisa berbagi dengan kami dalam bentuk tulisan maupun foto/video.

Happy Holiday.


Loading...
loading...

KOMENTAR ANDA

PACEBRO percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini.