SHARE
Danau Imfote di Sentani merupakan destinasi yang belum banyak traveler tahu. Danau ini berbentuk hati yang lebih populer disebut Danau Love.
Danau Imfote di Sentani merupakan destinasi yang belum banyak traveler tahu. Danau ini berbentuk hati yang lebih populer disebut Danau Love.

Kabupaten Jayapura yang beribukota Sentani merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua yang juga merupakan kota wisata. Di Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura, ada danau dengan bentuknya yang unik, banyak orang menyebutnya Telaga Cinta atau Danau Love, meski penduduk setempat menyebutnya sebagai Danau Imfote berdasarkan nama tempatnya.

Danau berbentuk hati yang indah akan tampak jelas dilihat dari bukit yang ada disekelilingnya. Dari atas bukit ini juga merupakan spot terbaik untuk mengambil foto dengan latar belakang danaunya. Bukit hijau yang mengelilingi Danau Love (Cinta) atau Telaga Cinta semakin menambah keindahan dan kesan romantis Danau. Oleh karena itu, bukit dan tepi Danau akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat pengambilan foto pre wedding meskipun lokasinya yang terpencil.

Sering dikunjungi pengunjung hampir setiap hari, terutama di akhir pekan, Danau Love atau Telaga Cinta ini bisa diakses dengan transportasi darat dan air. Rute darat dengan sepeda motor atau mobil bisa dimulai dari kota Jayapura melalui Kecamatan Genyem di Kabupaten Jayapura atau dari Kecamatan Arso di Kabupaten Keerom.

Rute air bisa bisa dicapai dengan perahu atau speedboat dari pelabuhan Yahim di belakang Bandara Sentani ke pelabuhan Kawi di desa Putaly, sebelum mendaki bukit atau naik sepeda motor atau mobil di sepanjang jalan raya yang sudah dibangun di sana.

Jalan menuju Danau Love atau Telaga Cinta dengan tanah dimulai dari desa Yoka, menuju desa Puay dengan jalan berkelok-kelok menanjak dan menurun. Di sebelah kanan terdapat hamparan biru Danau Sentani dengan pohon sagu di tepiannya; Di sebelah kiri terdapat hutan lebat Abepura. Hanya jalur menuju danau yang merupakan jalur alami.

Tak jauh dari danau love juga anda bisa menyaksikan panorama hamparan hijau. Adapun juga lembah yang berbentuk Love yg letaknya tidak jauh dengan Danau Love.

hutan love (Balobe/Yosin Kogoya)

Sekitar 5 kilometer dari Danau Love atau Telaga Cinta terdapat objek wisata lain yang dinamai Sungai Jaipuri, satu-satunya arus yang menyalurkan air Danau Sentani ke Sungai Tami sebelum dibuang ke laut. Jaipuri juga menawarkan penginapan kepada wisatawan. Butuh waktu sekitar satu setengah jam dari sungai untuk sampai di Danau Cinta di akhir pekan yang panas, di mana pengunjung kebanyakan adalah pengendara sepeda motor muda yang mengisi tepi danau dan berfoto dengan kamera atau selfie bersama teman-teman.

Keindahan Danau Cinta mengalahkan panasnya siang hari. Tidak ada gubuk atau bangunan di sekelilingnya yang terpisah dari bingkai kayu berbentuk salib yang tinggi, dipasang pada saat peringatan Paskah. Salib semacam itu bisa ditemukan di sepanjang jalan dusun Hansambe, pemukiman terakhir sebelum sampai di bukit tandus di dekat Imfote.

Baca Juga: Sekilas Sejarah Peradaban Papua di Pulau Mansinam

Keindahan Danau Cinta ditopang oleh luasnya Danau Sentani dan ketinggian Gunung Cyclop yang berfungsi sebagai sumber air bagi warga Kabupaten dan kota Jayapura. Terletak di ketinggian yang tinggi terlihat dari udara. Sementara itu, di lapangan, daerah tanpa pohon dengan angin kencang dan sinar matahari yang terik memaksa para wisatawan untuk menggunakan sun blok atau memakai topi bertepi lebar.

SHARE