SHARE
Danau Tage (IST/PB)
Danau Tage (IST/PB)

Eksotisme tanah Papua memang tiada habisnya, penuh misteri dan nan-unik. Tak hanya Raja Ampat yang tersohor menjadikan biota laut yang cukup kaya anda akan terkesima, ada juga Gususan Pulau Karst di Fak-Fak dan beberapa tempat lainnya.

Tak bisa dipungkiri lagi Setiap sudut di tanah Papua menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan membuat pengunjung terkagum-kagum. Papua juga memiliki obyek wisata danau yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Wilayah Adat Mee-Pago yakni Danau Paniai, Tigi dan Tage. Selain ketiga danau ini masih ada Danau Habema juga danau kembar di pegunungan arfak.

Lokasi 3 Danau: Paniai, Tigi dan Tage (IST/Heremaps)
Lokasi 3 Danau: Paniai, Tigi dan Tage (IST/Heremaps)

Danau Paniai, Tigi dan Tage bisa masuk daftar tujuan wisata Anda saat berlibur ke Papua. Ketiga danau indah ini terletak di Wilayah Mee-Pago, Danau Paniai dan danau Tage secara administrasi masuk Kabupaten Paniai, sedangkan Danau Tigi masuk dalam kabupaten Deiyai.

Danau Paniai, Tigi dan Tage berada di dataran tinggi yang dihuni oleh suku Mee, dengan ketinggian kurang lebih 1.700 mdpl.

Danau Paniai, Tigi dan Tage diapit oleh perbukitan yang hijau nan indah, airnya jernih berwarna kebiru-biruan memanjakan mata para pengunjung. Udara di sana sangat sejuk dan bebas dari polusi seperti di kota-kota. Bahkan pada malam hari, suhu udaranya bisa mencapai 5 derajat celcius.

Epouto, Tage
Epouto, Tage

Pesona Danau Paniai, Tigi dan Tage Papua Penduduk setempat yang ramah terhadap pengunjung serta pemandangan sekitar danau Paniai, Tigi dan Tage yang menawan membuat para wisatawan yang datang akan merasa semakin betah berlama-lama di sana.

Danau Paniai berada di Kota Enarotali, Kabupaten Paniai. Danau Tage berada tidak jauh dari danau Paniai, dapat ditempuh menggunakan perahu selama kurang lebih 30 menit menyusuri Desa Eupoto. Sedangkan Danau Tigi terletak di Kabupaten Diyai, waktu tempuhnya kurang lebih 45 menit dari Danau Paniai.

Dari ketiga danau tersebut, Danau Paniai merupakan danau yang paling luas. Disekitaran danau ini anda bisa menikmati internet dengan sedikit lumayan sekalipun dengan jaringan GPRS, dan beryukur dapat GSM atau EDGE yang cakupannya terbatas diaera tertentu. Namun hal ini tak mengurangi kenimatan akan pesona ketiga danau ini. Anda sama sekali tak perlu takut bertanya kepada masyarakt disekitar karena mereka tentu akan menjawab dengan ramah dan rata-rata penduduk disekitar danau bisa berbahasa Indonesia dengan baik.

Danau Tigi (IST/PB)
Danau Tigi (IST/PB)

Untuk penerangan, hampir sebagain besar masyarakat di sekitar tiga ini masih menggunakan listrik tenaga matahari. Ketiga danau di Papua ini menawarkan panorama alam dengan karakteristik yang hampir mirip, yakni danau alami, cantik dan memanjakan mata. Ketiganya belum tersentuh pembangunan atau fasilitas penunjang wisata. Benar-benar asri dan menjadi tujuan wisata yang tepat bagi Anda yang suka berlibur ke tempat wisata dengan suasana natural dan tenang.

Danau Tage (IST/PB)
Danau Tage (IST/PB)

Kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di danau Paniai, Tigi dan Tage Papua antara lain jalan-jalan di sekitar danau, memancing, bakar ikan air tawar hasil tangkapan atau membeli dari nelayan setempat. Selain itu, Anda juga bisa menaiki bukit-bukit di pinggir danau, dari atas bukit sana Anda dapat menyaksikan keindahan alam yang luar biasa sambil menikmati sejuknya udara yang menyegarkan.

Baca Juga: Kota-Kota Ini Dihuni Oleh Satu Manusia Saja!

Demikianlah sedikit ulasan tentang obyek wisata Danau Paniai, Tage dan Tigi Papua. Semoga menambah referensi liburan Anda. Selamat berlibur, semoga menyenangkan.