SHARE
Air Terjun Maredred
Air Terjun Maredred

Kabupaten Fakfak merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Papua Barat yang menyimpan begitu banyak potensi keindahan alam dan budaya serta sejarah di Tanah Papua.

Fak Fak sendiri dikenal dengan sebutan Kota Pala karena wilayah ini terkenal sebagai penghasil buah pala. Masyarakat Kabupaten Fak-Fak memiliki semboyan Satu Tungku Tiga Batu yang mencerminkan bahwa masyarakat kabupaten ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

Ada banyak tempat menarik yang ditawarkan tempat ini. Anda dapat menikmati pemandangan alam yang pastinya akan meninggalkan kesan pada pengalaman Anda.

Potensi keindahan alam yang dimiliki  tersebar mulai dari keindahan alam bawah laut hingga keindahan hutan hujan tropis yang terhampar pada daerah pegunungan dan lembah alam Papua yang dapat Anda nikmati. Selain itu, keindahan alam padang savana yang terbentang luas begitu memanjakan mata bagi setiap yang melihatnya terlebih pada saat terbenamnya matahari.

Potensi budaya dan sejarah yang dimiliki Kabupaten Fakfak pun sangat beragam dan begitu menarik.

Kabupaten Fakfak sendiri merupakan kabupaten tertua di Tanah Papua yang memiliki banyak sejarah peninggalan zaman penjajahan Belanda dan Jepang pada saat masa perang dunia. Selain itu, bukti peninggalan zaman prasejarah peradaban kuno masih dapat Anda lihat berupa cap tangan yang terletak pada dinding batu pada gugusan pulau karst di Distrik Kokas.

Berikut ini beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat liburan ataupun ketika hendak berwisata ke kota Pala ini.

Air Terjun Maredred

Tak sebesar Niagara tapi Maredred cukup memukau, Air Terjun Maredred Terletak di Desa Sakartemin, Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak. Waktu yang diperlukan untuk mencapai desa tersebut dari Ibu Kota Kabupaten Fakfak kurang lebih dapat ditempuh hingga empat puluh lima menit. Sedangkan lama waktu tempuh menuju lokasi Air Terjun Maredred dari Desa Sakartemin sekitar dua jam perjalanan dengan menyusuri aliran sungai hingga menuju lokasi Air Terjun Maredred. Selama perjalanan Anda akan menikmati pemandangan aliran sungai beserta dinding tebing batu yang mengapitnya.

Selain itu, kebun Pala serta pemandangan hutan tropis Papua dapat dinikmati bersama suara kicauan burung yang dapat mengiringi perjalanan Anda. Jika Anda beruntung berbagai jenis burung Anda dapat temui seperti burung Nuri, burung Kaka Tua dan burung Cenderawasih.

Air Terjun Kayuni

Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang sering dikunjungi oleh sebagian besar masyarakat Fakfak karena letaknya yang mudah dijangkau dan berada tidak jauh dari jalan utama menuju desa tersebut.
Waktu yang diperlukan untuk menuju desa tersebut dari pusat ibu kota Fakfak sekitar satu jam lama perjalanan.

Kali Kuali

Kali Kuali atau dikenal dalam bahasa setempat dengan nama Neb Neben merupakan lokasi yang patut Anda kunjungi ketika berada di Distrik Teluk Patipi tepatnya di Desa Tetar. Lama perjalanan yang diperlukan dari pusat ibu kota Kabupaten Fakfak menuju Desa Tetar yaitu kurang lebih dua jam.

Sedangkan waktu yang dibutuhkan dari Desa Tetar menuju ke lokasi Kali Kuali dapat ditempuh dengan berjalanan kaki sepanjang aliran kali kurang lebih lima belas hingga dua puluh menit.

Kali Ubaidari

Berada di Desa Ubadari, Distrik Kramomongga, Kabupaten Fakfak. Kali Ubadari memiliki pemandangan tersendiri yang dapat Anda nikmati berupa aliran air yang mengalir seperti anak tangga. Air yang begitu tenang dan dingin saat Anda mencoba sejenak berendam atau menyegarkan badan di Kali Ubadari. Waktu yang ditempuh untuk menuju Kali Ubadari dari pusat kota Kabupaten Fakfak yaitu kurang lebih satu jam perjalanan.

Gususan Pulau Karst

Bertempat di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Anda akan melihat gugusan pulau karang yang cantik di tepi lautnya. Di salah satu tebing karang Laut Kokas ini, terdapat celah dengan sebuah kotak yang terbuat dari semen. Pada kotak tersebut dipenuhi dengan tengkorak dan tulang belulang.

Pulau tersebut bukanlah tempat sembarangan. Konon, menurut masyarakat sekitar itu adalah kuburan atau tempat tidur Putri Laut. Putri Laut ini juga disebut-sebut sebagai hantu laut. Bahkan, penduduk sekitar suka meletakkan sesajen berupa, tembakau, sirih pinang, pakaian, atau uang sebagai persembahan kepada Putri Laut.

Sementara jika Anda berkunjung ke Andamata yang terletak di Distrik Kokas, Kabupaten Fak-Fak, Anda akan melihat lukisan tebing yang digambar pada bebatuan terjal dan merupakan situs kuno peninggalan jaman prasejarah yang disebut Situs Purbakala Tapurarang.

Masjid Patimburak

Terdapat Masjid Tua di Kampung Patimburak yang berdiri sejak 200 tahun lalu dan merupakan masjid tertua di Kabupaten Fakfak. Di masjid yang dibangun pada tahun 1870 ini Anda dapat melihat keunikan arsitekturnya yang berupa perpaduan antara bentuk masjid dan gereja.

Goa Jepang

Merupakan salah satu bukti sejarah zaman peninggalan masa penjajahan bangsa Jepang pada masa perang dunia di Distrik Kokas. Goa tersebut dikerjakan oleh penduduk setempat dengan sistem kerja paksa.

Pantai Patawana


Pantai Patawana merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Fakfak yang wajib anda kunjungi bila berada di Kota Fakfak.

Pantai yang terletak di Desa Kotam, Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak memiliki pemandangan pasir putih yang begitu memikat dan mempesona dipadu dengan deburan ombak dan birunya laut serta langit yang akan membuat Anda betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama di pantai tersebut. Waktu yang diperlukan menuju Pantai Patawana dari pusat kota yaitu kurang lebih satu jam.

Padang Savana Bomberay

Kabupaten Fakfak sangat dikarunia dengan berbagai macam ekosistem alam yang sangat mempesona. Selain ekosistem hutan dan pantai, Kabupaten Fakfak juga memiliki ekosistem Padang Savana yang begitu indah. Anda akan merasa berada di daerah yang berbeda dengan padang penggembalaan dan menikmati pemandangan bukit padang rumput yang terbentang luas sepanjang mata memandang. Lokasi Padang Savana ini berada di Distrik Bomberay dengan waktu tempuh dari pusat ibu kota Fakfak yaitu selama tiga hingga empat jam lama perjalanan.

Baca Juga: Wisata ke Air Terjun Wafsarak ‘Membelah’ Keindahan Biak

Selain obyek wisata di atas Kabupaten Fakfak masih memiliki keindahan alam dan budaya lainnya yang dapat Anda nikmati saat berkunjung di Kabupaten Fakfak, diantaranya Pasir Putih Satu, Pasir Putih Dua, Pasir Putih Tiga, Pulau Ugar, Pantai Siboru, Air Terjun Kiti-Kiti, dan pemandangan hutan bakau lainnya.

Apakah anda berminat mengunjunginya?