Musik memang selalu menginspirasi. Seperti lagu hip – hop yang banyak memberi masukan kepada para marketer dari lirik-liriknya. “I’m not a businessman, I’m a business, man,” ucap Jay – Z yang ditaksir memiliki kekayaan US$ 475 juta, versi Forbes.

Anthony Frasier, pendiri The Phat Startup, biro yang memberi pendidikan wirausaha  lewat Hip – Hop mengungkapkan, lirik yang tertera pada lagu hip – hop selalu berisi tentang pelajaran, apa yang telah mereka lewati, bangkit dari kesalahan, dan lain sebagainya. Jika digali lebih dalam, hal tersebut sangat bagus untuk diterapkan di dunia bisnis.

“Sebagian besar dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk belajar dari kesalahan,” kata Frasier.

Tak hanya itu, bahkan Ben Horowitz, seorang investor Silicon Valley juga telah menggunakan lirik musik rap untuk mengajarkan tentang wawasan berbisnis.

Lantas apa saja pelajaran bisnis yang bisa didapat dari musik rap?

Jangan khawatir tentang orang lain – pastikan bisnis Anda.” (Dr Dre, “Get Your Money Right“)

Fokus pada produk Anda. Mungkin ada beberapa orang yang akan meniru inovasi pada produk Anda, tapi jangan biarkan mereka mengalihkan dunia Anda. Berkonsentrasi saja pada pengembangan produk, kerja tim, dan rencana bisnis Anda.

Saya ingin kalian memenuhi cinta dalam hidup saya, yang bernama ‘game’.” (Drake feat. Young Jeezy, “Unforgettable”)

Jangan berharap Anda bisa membagi waktu antara kehidupan dan bisnis, terutama bila baru merintis. Ini adalah ide masa depan Anda, jadi kemungkinan akan banyak menguras waktu.

Tidak penting apa yang dikatakan haters, abaikan mereka hingga mereka lenyap.” (T.I. feat. Rihanna, “Live Your Life”)

Percayalah pada produk Anda. Bukan tidak mungkin akan ada yang menentang produk Anda. Tapi dengan keyakinan yang kuat, suatu saat Anda akan dapat melihat hasilnya. Keyakinan Anda juga dapat meyakinkan investor untuk memberi Anda modal.

Ini kotor, apa yang bisa dilakukan oleh uang, uang akan menghancurkan kesetiaan.” (Nas, “A Queen’s Story”)

Waspadai bahayanya gemerlap putaran modal. Jangan sampai rencana bisnis Anda digerakkan ke arah yang tidak Anda inginkan. Penting untuk membuat perjanjian, bahwa Anda dan si pemberi modal memiliki kedudukan yang setara.

Akan ada pasang dan surut, tersenyum dan mengerutkan dahi.” (Snoop Dogg, “Ups & Downs“)
Jangan berharap bahwa bisnis Anda selalu berjalan mulus. Akan ada banyak gelombang di sana. Persiapkan untuk melakukan berbagai hal yang diperlukan.

Berhenti, berkolaborasi, dan mendengarkan.” (Vanilla Ice, “Too Cold“)

Tunda sejenak, dan pikirkan mengenai produk yang Anda kembangkan. Tak perlu sungkan untuk meminta bantuan orang yang Anda percaya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mendengarkan apa yang dikatakan market testers, lalu memberi tanggapan yang sesuai.

Putar mulai dari 62 125, 125 250, 250 – setengah juta, tidak apa-apa tidak ada yang bisa melakukannya dengan saya.” (Kanye West feat. Big Sean & Jay-Z, “Clique”)

Tidak ada kata terlalu cepat untuk memperluas produk. Jika ‘go internationa’l adalah impian Anda selanjutnya, ingatlah, bahwa pesaing mungkin sudah melakukannya sebelum Anda.

Sumber: Forbes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here